Minggu, 16 Juli 2017

Pengalaman Pertama Memakai Oli Motor Matic Federal Oil, Lebih Bandel euy!


Salam. Ferial kali ini mau sharing pengalaman tentang motor yang ditinggal mudik sehingga performanya sangat turun (rd : mogok). Waktu itu motor saya ditinggal selama dua minggu untuk mudik ke kampung halaman. Awalnya mau mudik memakai motor tapi karena khawatir istri sedang hamil muda. Jadi, saya putuskan untuk tidak membawa motor dan terpaksa motornya ditinggal selama dua minggu.

Prediksi saya ketika nanti balik lagi ke tempat perantauan, hal pertama yang pasti dipikirkan –setelah bayar kontrakan- adalah service motor. Alhasil, benar juga motor selama satu jam diulik-ulik sampai kaki saya pegel untuk menyalakan motor ternyata tidak kunjung nyala. Bahkan tanda-tandanya pun tidak ada.

Setelah lama berkonsultasi ke tetangga, mungkin dia merasa kasihan satu jam nongkrong depan rumah melihat saya berkutik dengan motor matic jadul. Akhirnya saya bawa ke bengkel dengan derek manual tanpa bayar alias dorong dengan sisa-sisa tenaga menuju bengkel terdekat.

Motor tiba di bengkel (Foto by Ferial)

Saya sampaikan keluhan ke mamang bengkel kemudian dengan rasa percaya dirinya mencoba menyalakan motor saya. Dengan pengalaman ribuan kali mengatasi motor mogok, motor matic jadul saya pun secara ajaib nyala. Penelitian mamang bengkel membuktikan bahwa selang anginnya ternyata pecah. Dalam hati saya pantas saja tidak mau nyala. Hadeuuh!

Karena sudah lama tidak ganti oli motor. Saya pun mencoba request lagu, eh request oli maksudnya, untuk sekalian mengganti oli yang sudah lama belum saya ganti. Mamang bengkel pun segera memberikan oli motor matic yang saya request dengan sebelumnya menawarkan harga sesuai dengan harga pasar tanpa BPJS. Hehe
Oli Federal Matic 30 siap dimasukkan (Foto by Ferial)
Setelah itu saya pun menyaksikan mamang bengkel mengeluarkan oli motor yang sudah hitam lekat dan diganti dengan oli motor yang masih bening bin kinclong.
 
"Sebenarnya menggunakan oli motor federal adalah pengalaman pertama saya karena biasanya saya biasa saya menggunakan oli biasa. Keluhan ketika memakai oli biasa yang sering dirasakan adalah mesin motor yang gampang panas. Tentu hal itu sangat mengganggu performa motor saya."

Tidak sampai sepuluh menit pun motor sudah siap digunakan. Rasanya senang sekali melihat motor yang sudah lama ditinggal mudik menjadi pulih kembali. Saya juga penasaran dengan Federal Matic 2x Revolusi Dingin jika dipakai motor matic saya yang jadul.

Saya belum merasakan perubahan yang berarti karena saya tidak langsung tancap gas karena masih di gang. Hehe Meskipun saya sangat ingin tahu perbedaan dengan oli yang saya pakai seperti biasanya.

Setelah keluar dari gang, saya merasakan sesuatu yang beda. Tunggangan saya pun merasa lebih nyaman dan 2x lebih efektif. Motor seperti terbang ke angkasa menembus planet bekasi. Hehe lebay. Yang pasti motor saya serasa lebih ringan tarikannya. Mungkin ini awalan dari performa federal oil matic.

Setelah saya bawa berkeliling kota, di  track lurus pun 2x lebih kencang dari biasanya. Secara kan sudah lama dipakai dan kalau ada perbedaan kecepatan pasti ada sesuatu yang meningkat atau menurun. Jujur, saya bawa dengan kecepatan 60 km/jam pun lebih kencang dari biasanya. Ibaratnya mah lebih ringan. Hehe

Motor matic kan dikenal dengan lincahnya, apalagi di jalur macet. Body yang kecil dengan akselerasi yang lebih bagus daripada motor gigi, membuat motor pun bisa gesit menghindari kemacetan. Bisa dikatakan motor matic saya 2x lebih bandel. Dengan didukung oli motor terbaik baru yang saya pakai, lincah bin bandelnya pun gak ketulungan. Keren euy!
 


UTAMANYA ADALAH MESIN


Nah ini dia yang saya tunggu perbedaannya, yaitu mesin motor. Luar biasanya ini oli federal bisa membuat mesin motor saya tidak cepat panas ketika perjalanan jauh. Meskipun motor jadul yang sudah tidak bagus lagi. Tapi ini benar-benar perubahan yang sangat keren. Federal Matic 2x Revolusi Dingin sudah teruji dari pengalaman saya.

Saya sendiri tidak tahu -dari sisi ilmiah- apa yang membuat Federal Matic “berbeda” dengan oli lainnya. Setelah saya telusuri dari website federal oilnya. Maka didapatlah penjelasan tentang keunggulan federal oil.
 
Infografis by Ferial & Source from Federal

ISO Polymerized Synthetic Base Oil. Teknologi menghasilkan 3 keunggulan yaitu ; Kestabilan viskositas pada temperatur tinggi, kestabilan viskositas pada akselerasi yang tinggi, dan kestabilan viskositas dalam menjaga lapisan di permukaan tetap optimal. Sehingga kestabilan viskositas tersebut bisa menjaga mesin tetap dingin, menjaga suara mesin tetap halus dan tetap stabil untuk pemakain jarak jauh.

Double Act Cleaner. Teknologi ini berfungsi mengikat kotoran/deposit secara kuat sehingga kotoran tidak menempel di dinding/permukaan logam. Mesin yang lebih bersih menghasilkan performa mesin menjadi lebih optimal.

Spesifikasi dari oli federal itu sendiri sebagai berikut (based on federaloil.co.id)
 
Table by Ferial & Source from Federal
Nah, setelah di compare antara pengalaman dan sisi ilmiahnya. Jadi tidak heran Federal Oil Matic 2x Revolusi Dingin merupakan solusi untuk motor matic supaya 2x lebih efektif, 2x lebih kencang, dan 2x lebih bandel.

Selamat mencoba dan bagikan pengalaman pertamamu untuk merasakan perbedaan yang luar biasa. Federal, Dingin euy!

 

1 komentar:

  1. Milih oli emang ga boleh sembarangan ya mas ferry, salah pilih oli bikin mesin makin sering ke bengkel. Thanks sharingnya mas ferry.

    BalasHapus