Jumat, 10 Februari 2017

Jepang Amazing di Mata Traveler Pemula


Apa yang ada dibenakmu ketika mendengar Jepang?
Kalau pecinta manga akan mengenal Jepang sebagai negerinya para creator manga berbakat. Kalau pelajar atau mahasiswa akan mengidentikkan Jepang sebagai negara  tujuan beasiswa. Dan kalau pecinta traveling maka Jepang adalah destinasi utama ketika akan melakukan travel ke luar negeri.
Banyak sekali daya tarik yang dihasilkan dari Negeri Matahari terbit tersebut. Namun saya akan sedikit mengulas beberapa poin yang membuat kenapa Jepang begitu Amazing di mata traveler pemula?
Salah satu bukti Jepang itu Amazing, khususnya untuk orang Indonesia, yaitu pengunjungnya yang setiap tahun selalu meningkat. Berdasarkan data yang didapat dari Tribun News periode Januari – September 2016 meningkat 27,2%.
Peningkatan Jumlah wisatawan
Lalu apa yang membuat Jepang menarik di mata wisatawan Indonesia?

Secara general, banyak faktor yang membuat Jepang bisa menarik para wisatawan asing. Salah satu unsur yang paling melekat adalah budaya. Jepang adalah salah satu negara yang menjadikan budaya sebagai alat promosi wisata.
Bagi yang pernah liburan ke Jepang, pasti kurang lengkap jika belum mencoba memakai kimono. Baju adat masyarakat Jepang ini sangat digandrungi semua wisatawan. Mungkin cara ini –memperkenalkan budaya- bisa dicontoh oleh Indonesia untuk menarik wisatawan mancanegara.
Selain kimono, dunia pun mengenal beberapa budaya Jepang lainnya. Seperti Origami (seni melipat kertas), Ikebana (seni merangkai bunga), Tako (seni layang-layang besar), dan Kendo (seni pedang bambu).

.:: Yozakura di Musim Semi ::.

Yozakura (dok. jpninfo.com)
Tahukah kamu apa itu yozakura? Jika kamu pernah melihat di televisi, bunga sakura yang berterbangan di malam hari. Itulah yang dinamakan yozakura atau sakura di malam hari. Sungguh indah seperti layaknya salju yang turun dari langit.
Tidak dapat dipungkiri kalau mekarnya bunga sakura sangat ditunggu oleh semua wisatawan. Musim semi adalah musim yang cocok untuk melihat periode mekarnya bunga sakura. Sehingga, musim semi akan dibanjiri wisatawan.
Berikut ini rincian periode mekar bunga sakura di beberapa tempat.

Infografis by Ferry Aldina

.:: Jepang Negara Sejuta Festival ::.


Jika Indonesia mempunyai berbagai macam suku, maka Jepang mempunyai beragam festival. Setiap musim datang pasti tidak akan lepas dari acara, peringatan, pesta, atau yang lebih familiar disebut festival.
Pada musim semi terdapat beberapa festival ;

1. Omizutori. Festival Mengambil Air ini adalah salah satu festival tertua di Jepang. Festival   Omizutori diadakan pada 1 Maret hingga 14 Maret di Todaiji Nara.

2. Nagahama Hikiyama. Festival yang sudah berlangsung sejak periode Azuchi Momoyama (1568). Festival ini mirip dengan karnaval yang ada di Indonesia. Dalam festival ini, ada kabuki yang dipentaskan oleh anak-anak.

3. Shonan Enoshima. Festival diadakan di Pula Enoshima dan diisi dengan acara musik hingga pertunjukkan di jalanan.

4. Hanami. Acara perayaan melihat bunga sakura di pohon sakura dengan ditemani keluarga. Semacam piknik dengan membawa makanan dan minuman sambil menikmati keindahan bunga sakura

Pecinta Naruto pasti tahu jurus Tsukuyomi. Nah, pada musim gugur terdapat festival Tsukimi. Keduanya berkaitan dengan bulan.
Tsukimi (dok goinjapanesque.com)
Jurus bulan yang ada di film naruto identik dengan festival Tsukimi (melihat bulan). Mungkin Masashi Kishimoto (pengarang komik Naruto) terinspirasi dari festival tersebut. Sehingga dijadikanlah salah satu jurus di film naruto. Hehe
Selain Tsukimi, ada beberapa festival yang dilakukan pada musim gugur, seperti :

1. Festival Nagoya, merupakan festival terbesar di Nagoya yang diadakan selama dua hari pada pertengahan Oktober. Pada zaman pertengahan ada tiga pria terkuat di Jepang, yaitu Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi, dan Tokugawa leyasu. Penghormatan kepada ketiga pria terkuat tersebut, diadakanlah Festival Nagoya.

2. Festival Takayama, salah satu festival terbaik di Jepang yang diadakan pada dua musim (musim semi dan musim gugur). Pelaksanaannya diadakan di kuil Shinto. Jika pada musim semi, festival ini dinamakan Sanno Matsuri. Jika pada musim gugur, festival ini dikenal dengan nama Hachiman.

3. Festival Kaname, bertujuan sebagai ucapan rasa syukur atas panen yang baik. Berbondong-bondong masyarakat Jepang mempersembahkan beras panen pertama di kuil Shinto.

4. Festival Tori No Ichi, acara turun temurun ini dilakukan untuk mendoakan hasil panen yang baik. Festival ini yang paling popular di Tokyo diadakan di Kuil Chokokuji. Meskipun pada dasarnya festival ini dilakukan di setiap wilayah pada bulan November.
Panas Dingin di Jepang
Maksudnya bukan demam ya. Hehe Tapi musim panas dan musim dingin juga tak luput dari festival yang menarik.
Seperti pada musim dingin terdapat serangkaian patung-patung yang dipahat dan dibentuk karakter unik. Semuanya berasal dari salju dan es. Ini ditemukan pada Festival Salju Sapporo.
Kalau ingin melihat “monster salju” datanglah ke sepanjang pegunungan Zao. Pada musim dingin terdapat salju yang membeku secara alami dan pepohonan disekitarnya akan membentuk sosok besar bagaikan monster di musim salju. Dinamakan Festival Monster Salju Zao.
Belum habis juga keindahan jepang pada musim dingin, ada juga “pelangi” di malam hari. Bisa disaksikan pada Festival Salju Iwate. Terdapat patung salju di malam hari yang diterangi aneka warna lampu. Sehingga seolah-olah terdapat pelangi di malam hari.
Rumah salju bangsa Eskimo juga bisa ditemukan di Jepang. Pada Festival Yunishigawa Onsen Kamakura, banyak ditemukan rumah-rumah di prefektur Tochigi berubah menjadi rumah salju. Kemudian diberi penerangan sehingga tampak indah bercahaya di tengah malam.
Sejuta Harapan di Musim Panas
Ada tradisi yang membuat amazing, yaitu menulis tanzaku. Tanzaku ini berupa permohonan atau keinginan yang ditulisakan pada selembar kertas atau potongan kayu kemudian digantungkan pada batangan bambu. Setelah itu, permohonan-permohonan diapungkan di sungai dan dibakar pada tengah malam. Ini ditemukan pada Festival Tanabata.
Jika ingin melihat pesta kembang api yang meriah, datanglah pada sekitar pertengah bulan Agustus. Perayaan yang bermula dari zaman Edo (1600-1868) bernama Festival Hanabi masih diperingati sampai sekarang.
Ada juga peristiwa keagamaan Budhis, pada Festival O-Bon, yaitu setiap keluarga menyiapkan “sesajen” untuk menyambut kedatangan para arwah. Ada juga penerangan api di sekitar rumah sebagai simbol “selamat datang” kepada para arwah.
Peristiwa melihat bulan juga diadakan di musim panas. Festival Tsukimi ini merupakan wujud pemujaan alam oleh masyarakat pertanian untuk memperoleh panen yang berlimpah. Festival menikmati indahnya bulan purnama ini dilakukan sekitar pertengah bulan Agustus.

.:: AMAZING JEPANG, BUKAN? ::.

Ke-amazing-annya membuat setiap orang ingin melakukan wisata ke Jepang. Baik itu dari segi budaya yang masih kental, dipelihara, dan dilestarikan oleh pemerintah. Juga banyak aktivitas yang sangat menarik bisa dilakukan di Negeri Matahari tersebut.
Travel mandiri atau Pakai Agen Travel?
Nah mulai dari sini kita harus memikirkan bagaimana untuk bisa bepergian ke Jepang. Kita bisa melakukannya sendirian (mandiri) atau juga bersama agen travel. Hanya saja dua cara tersebut mempunyai sisi kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan jika melakukan travel mandiri pasti lebih murah dibanding dengan agen travel. Kita bisa berburu tiket promo serta hotel, transportasi, dan akodomasi yang disesuaikan dengan budget kita sendiri. Jika ada destinasi yang tidak kita sukai maka kita bisa skip tempat tersebut. Namun sayangnya travel mandiri ini akan repot. Kenapa? Karena semuanya serba sendiri dan terkadang lokasi penting seperti restoran halal sulit untuk ditemukan.
Jika kita pertama kali Wisata ke Jepang, alangkah baiknya menggunakan agen travel. Tidak apa-apa merogoh kocek lebih tapi semua aktivitas perjalanan kita sudah diatur. Mulai dari visa, hotel, restoran, transportasi, dan akomodasi lainnya sudah beres dikelola oleh agen travel. Kita tinggal duduk santai. Hehe

.:: Mencari Wisata yang Muslim Friendly ::.

Sebagai muslim pastinya harus berhati-hati jika melakukan perjalanan ke negara yang minoritas muslimnya. Termasuk ketika melakukan perjalanan ke Jepang. Saya pun segera mencari beberapa referensi dan juga artikel yang berhubungan dengan wisata muslim friendly. Karena saya pun sangat berkeinginan traveling ke Naruto. Eh maksudnya ke Jepang. hehe
Tips Memilih Makanan di Jepang
Beberapa menu khas yang cukup aman dikonsumsi antara lain Sushi (kecuali Unagi dan Anago karena pada sausnya biasanya menggunakan mirin dan sake), kemudian makanan yang aman lainnya adalah Sashimi, Soba, Udon, Tempura, Yaki Sakana (ikan bakar), dan lain-lain.
Hindari penggunan saus pada tempura karena umumnya menggunakan sake dan mirin.
Cara lainnya adalah pergi ke restoran hidangan negara-negara muslim, seperti masakan Turki, Pakistan, Arab, atau Malaysia. Cukup banyak restoran yang menyediakan pasti dijamin halal yang berada di kota-kota besar di Jepang.
Walaupun kebanyakan masakan tradisional berbahan dasar ikan. Tapi ada beberapa masakan yang umumnya mengandung BABI.
Masakan yang menggunakan daging babi atau kaldu babi seperti ramen, tonkatsu, gyoza, okonomiyaki, dan beberapa jenis kare lainnya. Makanan yang berasal dari Okinawa banyak memakai daging babi dan olahannya, seperti Goya Campur dan Okinawa Soba.
Sedangkan untuk memilih makanan kemasan. Berikut adalah catatan bahan makan yang diragukan kehalalannya.
豚                        = buta (babi)
ポーク                 = po-ku (pork)
牛肉                    = gyu niku (daging sapi)
鶏肉                    = ori niku (daging ayam)
肉エキス             = niku ekisu (ekstrak daging)
コンソメ               = konsome (kaldu daging)
酒                        = sake
みりん                 = mirin
ゼラチン             = zerachin (gelatin)
動物油脂           = obutsu yushi (lemak hewan)
加工油脂           = ako yushi (lemak termodifikasi)
ショートニング = shotoninggu (shortening)
Masjid di Jepang

Sebagai informasi penting, masjid-masjid di Jepang yang cukup besar dan terkenal adalah Masjid Camii Tokyo yang berlokasi di dekat stasiun Yoyogi Uehara dan Masjid Kobe di Kota Kobe.
Selain dua masjid terbesar di atas, ada beberapa mushola/masjid yang terletak di dekat Ikebukuro, yaitu Masjid Dar-el Argam si Asakusa, Masjid As-Salam di Okachimachi, juga di dalam KBRI, Meguro.
Untuk daerah Jepang Tengah terdapat Masjid Nagoya. Masjid yang berdiri pada tahun 1998 ini berlokasi di Nakamura. Sementara di daerah Jepang Selatan, terdapat Masjid Fukuoka yang terletak di Higashi-ku.
Sedangkan untuk arah kiblat bagi yang sholat di tempat umum dan bisa digunakan sebagi tempat sholat, lebih baik menggunakan situs atau aplikasi ponsel yang dapat membantu kita menentukan arah kiblat.

.:: AVALAIBLE ONLY AT HIS ::.

Pernah mendengar HIS Travel Indonesia? Saya juga sebenarnya baru mendengarnya. Hehe Entah saya ndeso belum pernah mengenal agen travel yang sudah memiliki 273 cabang di Jepang tersebut. HIS juga sudah mendapat lebih sejuta like dari Fan Page HIS Travel  Atau mungkin karena saya belum pernah pergi ke Jepang. Jadinya belum pernah cari tahu agen travel yang baik dan muslim friendly tentunya. Off The Record hehe

Pertama yang saya cari tahu tentang HIS adalah wisata muslim friendly atau halal. Ternyata di HIS menyediakan wisata muslim friendly. Kebetulan juga travelingnya ke Jepang.
sumber : HIS
Pelayanan hotel yang ramah, lokasi dekat masjid, restoran hidangan islami, dan akodomasi yang thoyyib. It was AMAZING!
Kenapa harus HIS?
Kelebihan jika menggunakan HIS Travel and Tour adalah

1. Kenyamanan Servis. HIS bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan pada saat reservasi hingga kembali ke rumah.

2. Global Network Mendukung Keamanan. Jaringan global yang luas sangat mendukung perjalanan karena memakai sistem terbaik melayani dari reservasi hingga kembali ke rumah.

3. Harga terbaik langsung dari cabang luar negeri. HIS menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun dibutuhkan.

4. Unggul dalam Individual Tour. HIS menyediakan pelayanan tiket pesawat, hotel, pilihan tour, rental mobil, sampai dengan pengurusan visa.

5. Unggul dalam perjalanan ke Jepang. HIS yang memiliki 273 cabang di Jepang akan membuat pelayanan lebih terpercaya dan lebih aman mulai dari JR PASS hingga penerbangan domestik.
Kolaborasi HIS Tour and Travel

sumber : HIS
Ada produk yang ditawarkan HIS, yaitu HAnavi. HAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA (All Nippon Airways), salah satu pioneer maskapai penerbangan Jepang. HAnavi dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang, merupakan paket tiket penerbangan domestik + hotel dengan diskon besar-besaran dan mudah disesuaikan. Kamu dapat memilih dari 51 kota di Jepang yang akan memberikanmu akses ke tujuan baru di Jepang!
Paket HAnavi sudah termasuk Tiket Japan Domestik PP dengan ANA dan juga Hotel Japan Domestik. Untuk harganya kamu tidak perlu khawatir, karena harga paket HAnavi Super Murah!  Dengan HAnavi, kamu dapat pergi ke Sapporo dari Haneda, Itami atau Bandara Internasional Kansai.

Bagi traveler pemula seperti saya, Jepang rasanya perlu dijadikan tempat destinasi wisata. Buat teman-teman pembaca, mari kita menabung untuk melanglang buana jelajah muka bumi ini. Jangan lupa wisata ke Jepang, karena Jepang begitu AMAZING!

Permudah perjalanananmu dengan HIS!!!

Arigatou Gozaimasu!!!

-------------------------------------------------NOTE---------------------------------------------------------------
Terima kasih kepada teman saya yang sudah sedia di stalking blognya untuk referensi dalam penulisan lomba HIS. Adapun beberapa sumber yang saya jadikan daftar pustaka dalam pembuatan artikel untuk lomba HIS, antara lain :
http://his-travel.co.id
http://jnto.or.id
http://tribunnews.com
http://www.panorama-tours.com
http://www.jhalal.com/restaurant-list
http://www.masjid.jp/list.html
  

0 komentar

Poskan Komentar